Melayani Design Box Custom, Setting Audio, Kaca Film, Blacked Jok Dan Pembuatan Box Audio Wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto Dan Sekitarnya

Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Memilih Speaker Untuk Sistem Audio Mobil

Tips Memilih Speaker Untuk Sistem audio Mobil

Jenis dan Harga Speaker Sistem Audio Mobil
Alamat Sekarang
KOMPLEK AJBS, Jl. Ratna Ngagel, No: 14/G 19, TOT AUDIO VARIASI, Surabaya
Telp. 0812-1739-6063 | WA. 0818-0302-8004 | Pin BB. d776c970

Keseimbangan instalasi speaker dalam sistem audio mobil adalah hal yang sangat penting diketahui oleh pemilik mobil sebelum pemasangan speaker mobil dilakukan. Kekuatan daya yang dimiliki oleh berbagai jenis speaker menjadi panduan untuk menentukan seberapa besar daya power amplifier yang dibutuhkan untuk menggerakkan speaker yang akan dipasang. Sistem audio mobil kita akan terasa lengkap dengan sepasang speaker yang baik dan enak untuk didengarkan. Dengan pemasangan speaker yang baik dan berkualitas pada sistem audio mobil kita, maka keinginan untuk memiliki mobil yang elegan dan cool akan mudah tereliasasikan dengan mudah. Semuanya itu tidak lepas dari kejelian kita dalam memilih merek, ukuran dan jenis speaker yang kita inginkan. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa faktor penting dalam memilih jenis speaker untuk sistem audio mobil.

Mencocokkan Speaker Dengan Sistem Stereo Audio Mobil

Langkah pertama adalah mencocokkan speaker dengan sistem stereo audio mobil yang sudah tersedia. Seperti yang sudah kita ketehaui, sensitivitas memiliki hubungan terbalik dengan kebutuhan daya dan kekuatan suara. Jika sistem mobil anda bertenaga rendah, maka speaker yang dipilih harus memiliki sensitivitas yang tinggi. Sebaliknya, Jika sistem audio mobil anda berdaya besar, maka instalasi atau pemasangan speaker yang harus dilakukan adalah sepasang speaker dengan jenis sensitivitasnya yang rendah. Jika ini dilakukan, maka kualitas suara audio mobil anda akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Mempertimbangkan Daya Speaker Pada Sistem Audio Mobil

Langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan penerimaan daya speaker tersebut.  Besarnya daya yang bisa diterima speaker bisa jadi akan dapat merusak speaker tersebut. Kekuatan daya speaker hendaknya diukur dalam watt. Sistem berdaya rendah hanya memerlukan speaker yang dapat menerima daya rendah saja. Begitu pula sistem berdaya tinggi, speaker yang akan dipasang hendaknya speaker yang memiliki penerimaan daya yang tinggi pula. Ingat, saat menentukan penerimaan daya, perhatikan maksimum RMS nya. Nantinya RMS memberi ukuran kepada kita berapa banyak daya yang akan diterima sebuah speaker dengan terus menerus dalam sebuah jangka waktu yang relatif singkat.

Jenis Utama Speaker Untuk Sistem Audio Mobil

Terdapat dua jenis utama speaker yang bisa kita pilih. Kedua jenis speaker tersebut adalah full-range dan komponen/split. Full-range atau yang lebih dikenal coaxial speaker adalah pilihan yang sederhana namun mudah penanganannya dikarenakan semuanya dalam satu set. Tweeter, yang menghasilkan frekwensi tinggi, dipasang di atas midbass dengan frekuensi rendah. Karena kemudahan dalam pemasangannya, jenis full-range speaker adalah pilihan yang sangat cocok untuk kita. Kita bisa mengganti speaker yang lama dengan jenis speaker full-range ini. Kita bisa memilih ukuran-ukurannya dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kualitas speaker yang akan kita pasang pada sistem audio mobil kita.
Sementara itu, jenis speaker komponen atau split speaker rangkaiannya jauh lebih kompleks dimana masing-masing speaker terpisah satu sama lain. Dikarenakan tweeter tidak terpasang langsung diatas midbass, kita bisa memilih area yang ideal dalam pemasangan jenis speaker ini agar suara yang dihasilkan lebih menggema. Tentunya, kualitas speaker yang satu ini tidak diragukan lagi. Meskipun mahal harganya, banyak pemilik mobil memilih speaker komponen untuk diinstal pada sistem audio mobil mereka.

Pemilihan Bahan-Bahan Speaker Pada Sistem Audio Mobil

Bahan-bahan yang dipakai dari sebuah speaker dapat memiliki efek pada kualitas suara. Misalnya, midbass harus dibuat dari bahan yang kuat namun ringan bahannya seperti polypropilene yang dicampur dengan mika. Jenis mika sangat kuat akan memberikan penerimaan frekuensi yang rendah namun lebih baik sfek suaranya. Jenis speaker yang terbuat dari bahan-bahan yang dilapisi logam ringan bisa memberikan kualitas suara berkualitas. Tak lupa, hendaknya kita memilih bahan surround yang tepat untuk sebuah midbass. Surround berbahan karet akan memberikan suara yang bagus.

Jika Anda menginginkan sistem audio mobil yang lebih berkualitas, anda bisa menggunakan pivoting (dudukan tweeter) yang dapat menggelegarkan suara terhadap pendengar dengan syarat anda juga harus mempertimbangkan crossover eksternalnya. Crossover akan mengirim frekuensi suara yang sesuai sehingga woofer dan tweeter tidak mereproduksi kembali frekuensi yang diterima.

Semoga artikel yang berjudul "Tips Memilih Speaker Untuk Sistem audio Mobil" dapat memberi panduan kepada anda dalam hal instalasi atau pemasangan speaker yang tepat untuk sistem audio mobil anda.  Bagi yang berkediaman di kota Surabaya dan sekitarnya, silakan meng-upgrade speaker audio mobil anda di bengkel instalasi audio mobil kami, T-O-T CAR AUDIO atau menghubungi kami di Telp. 0812-1739-6063 | WA. 0818-0302-8004 | Pin BB. d776c970 (Cak Gatot) untuk berkonsultasi mengenai biaya pemasangan audio mobil anda. Salam sukses, Wassalam.
2 Komentar untuk "Tips Memilih Speaker Untuk Sistem Audio Mobil"

Saya menginginkan suara yang "gurih".. Apakah merk yang bagus untuk suaranya demikian? Terimakasih.

mungkin bisa diberi rekomendasi produk audio mana yang paling banyak digunakan di indonesia, apalagi jika audio mobil tersebut tampil cantik juga sehingga makin menyemarakkan aksesoris mobil yang sudah ada.

Back To Top